Home » , » Perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB

Perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB

Malam Sobat KCTeam Tutorial
Kali ini saya  akn membahas tentang Perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB

Dalam dunia desain grafis ada 2 jenis unsur warna yaitu CMYK dan RGB. Terus, apa persamaan dan perbedaan antara kedua type warna tersebut ??? dan apa pula hubungannya di dalam desain grafis ???

Mari kita telusuri lebih jauh detail dan kelebihan serta kekurangan keduanya supaya kita lebih paham mana yang harus kita gunakan saat mendesain.

Warna CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-black)

Warna CMYK

CMYK merupakan singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-black dan biasanya  sering juga disebut dengan warna proses atau empat warna. CMYK merupakan sebuah model warna yang berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya substractive color model dan juga umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar agar dapat mencapai hasil yang relative sempurna maka dibutuhkan sedikitnya 4 tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black.

 Ke 4 tinta tersebut disebut dengan Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang digunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik pencetakan tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress dan sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan atau single layer, karena tinta yang digunakan bisa ditumpuk-tumpuk, oleh karena itu sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna (dalam model warna CIELab) dan nilai Opacity/Transparency.

Kesalahan warna dalam penumpukan 2 macam tinta tersebut disebut: Ink Trapping Error yaitu berbeda dengan Layout Trapping Error. (ISO 2846-1 sampai ISO 2846-5 merupakan standar yang ditetapkan oleh badan standarisasi international terhadap warna dan nilai transparency dari tinta proses 4 warna CMYK masing-masing untuk proses pencetakan: (Sheet-fed and heat-set web offset lithographic printing, Publication gravure printing, Coldset offset lithographic printing, Screen printing dan Flexographic printing).

Perkembangan Warna Proses terjadi sedemikian pesatnya, hal ini didorong lantaran karena adanya masalah teknis kecilnya nozzle dalam printing head, maupun persaingan untuk bisa menghadirkan reproduksi warna yang sempurna yaitu sesuai dengan target pasar yang dituju, adanya tinta-tinta seperti: Light Magenta, Light Cyan, Grey, Orange, Matt Black,  dan Green dll. Jadi, Empat Warna merupakan spesifik untuk penyebutan proses pewarnaan yang menggunakan CMYK.

Warna RGB ( Red-Green -Blue)

Warna RGB


RGB merupakan singkatan dari Red -Green-Blue  adalah model warna pencahayaan additive color mode yang digunakan untuk "input devices" seperti scanner ataupun "output devices" seperti halnya display monitor,  warna-warna primernya yaitu (Red, Blue, Green), tergantung pada teknologi alat yang digunakan seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCDyang ada  pada display monitor.

Jika (Red - Blue - Green) ketiga warna ini dikombinasikan, maka akan tercipta warna putih inilah mengapa RGB disebut denagn "warna pencahayaan" atau "additive color". Prinsip dari Warna  RGB adalah prinsip warna yang dipakai oleh media elektronik seperti monitor komputer, televisi, dan juga scanner. Oleh sebab itu, warna yang ditampilkan RGB selalu nampak terang dan menyenangkan, karena memang di setting khusus untuk display monitor, bukan untuk cetak. Eehingga bisa lebih leluasa dalam bermain warna. Tapi idak berarti RGB bebas masalah karena tampilan warna RGB akan selalu terikat dengan kapasitas atau kemampuan graphic komputer yang menyandangnya. Jadi, jika komputer yang kita pakai memilikii graphic card serta monitor LCD yang bagus , maka tampilan dari warna RGBnya akan jauh lebih bagus bila dibandingkan  monitor tabung dengan graphic card yang biasa.

Jadi, inilah Persamaan dan Perbedaan RGB dan CMYK 

Persamaan

RGB dan CMYK itu sama-sama  memiliki warna primer.

Perbedaan

Warna RGB

  • Red Green Blue (merah, hijau, biru)
  • RGB merupakan warna-warna primer yang biasa digunakan pada monitor
  • RGB lebih digunakan untuk desain yang akan ditampilkan di media layar monitor
  • RGB jika warna  di campur semua, akan menghasilkan warna putih


Warna CMYK

  • Cyan Magenta Yellow Black (biru, merah, kuning dan hitam )
  • CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
  • CMYK lebih digunakan untuk desain yang akan ditampilkan ke media cetak
  • CMYK jika warna di campur semua, akan menghasilkan warna hitam


Kesimpulan :

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam  pencetakan :

  • Gunakanlah warna dari CMYK
  • Coba Kenali semua karakteristik dari perangkat anda (monitor,scanner, printer, dan lai-lain) dengan baik.


Untuk  output monitor seperti desain web atau desain grafis 

  • Gunakanlah warna dari RGB
  • Saat mendesain  biasakan  berada dalam ruang cahaya yang terkontrol. pengerjaan desain pada siang dan malam hari bisa saja menghasilkan perbedaan warna yang berbeda khususnya untuk RGB


Sekian tentang  Perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB dari KCTeam Tutorial
Semoga Bermanfaat ...

0 comments:

Post a Comment

"Silakan komentar dengan bijak, sopan, dan tidak berbau SARA"

Langganan via Email
KCTeam